WHAT'S NEW?
Loading...

Merinding, Misteri di Balik Keindahan Gunung Kunyit yang Luar Biasa



Gunung Kunyit di Kerinci, Punya Keindahan Luar Biasa serta Sejuta Misteri - Bila bicara permasalahan keindahan alam Kabupaten Kerinci tidak habis-habisnya.Kabupaten yang ada di paling barat Propinsi Jambi ini mempunyai keindahan alam yang benar-benar mengagumkan serta sudah disadari oleh dunia.

Keindahan alam yang dipunyai Kabupaten Kerinci tetap menarik untuk dibaca. Tidak cuma tawarkan beberapa pemandangan menarik, kisah-kisah mistis yang menyelimutinya juga banyak mengundang rasa ingin tahu.

Tidak cuma Gunung Kerinci, wilayah ini mempunyai gunung lain yang tidak kalah indahnya.Gunung itu ialah Gunung Kunyit. Pemandangan yang dipunyai Gunung Kunyit benar-benar benar-benar memesona dengan lebatnya rimba dan taman alami di puncaknya.

Gunung ini seringkali jadikan tujuan beberapa penggemar alam wilayah seputar. Serta sekarang pelancong dari dalam negeri serta luar negeri juga seringkali naik ke gunung yang mempunyai sejuta misteri ini. Sensasi berpetualang mengalahkan alam liar jadi rintangan tertentu buat beberapa pendaki atau pelancong.

Sejuta Misteri Gunung Kunyit, Bikin Merinding! Dengan administratif, Gunung Kunyit terdapat pada Desa Talang Kemuning, Kecamatan Gunung Raya, Kerinci, Propinsi Jambi. Tempat gunung ini kira-kira memiliki jarak seputar 32 km. dari Kota Sungai Penuh, serta dapat ditempuh dengan perjalanan sepanjang 30 menit sampai satu jam.

Pendakian dapat diawali pada Desa Talang Kemuning, serta untuk ke arah desa ini pengunjung bisa memakai kendaraan pribadi atau naik angkutan umum.

Heri, salah seorang Pencinta Alam (PA) Kerinci yang bekas anggota Masker Kerinci menjelaskan, untuk mengapai Gunung Kunyit ini bukanlah masalah gampang, sebab diperlukan fisik sempurna dan persiapan masak.

Menurutnya, pada awal perjalanan, beberapa pendaki akan ditemani bentangan rimba kayu manis. Waktu mendakinaroma harum dari tumbuhan itu juga dapat dirasa. Sepanjang kira-kira satu 1/2 jam menerobos rimba kayu manis medan juga bertukar lebih ekstrim serta melawan.

"Sesudah tempuh rimba kayu manis juga bertukar dengan lebatnya rimba yang seakan masih tidak terjamah tangan manusia. Jalan naik serta ekstrim juga jadi halangan yang perlu dilalui. Jalan yang didominasi tanah akan becek serta licin selesai diguyur hujan, sepatu boot akan benar-benar menolong diperjalanan ke arah pucuk Gunung Kunyit," ucap Heri.

Menurutnya, Gunung Kunyit ini mempunyai ketinggian sampai 2.151 mtr. di atas permukaan laut. Gunung yang masuk dalam kelompok stratovolcano ini jadi rumah buat harimau sumatera yang diketahui ganas.

"Beberapa pendaki juga dianjurkan supaya tetap siaga diperjalanan ke arah pucuk, serta seharusnya memakai pemandu dari desa ditempat," terangnya.

Sedang waktu yang diperlukan untuk sampai pucuk Gunung Kunyit seputar 6 jam perjalanan. Waktu ada di pucuk, pelancong dapat nikmati bermacam panorama menarik seperti jejeran perbukitan hijau, samudera hindia dan pemandangan Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

"Pada pucuk gunung ini ada dua kawah yang menyeburkan gas belerang. Tetapi jangan dekat-dekat dengan kawah itu sebab bila gas belerang tercium, karena itu dapat membahayakan keselamatan jiwamu," katanya.

Selain itu, Damaswarsah, masyarakat Lempur menerangkan apa belakang yang berada di atas sana berwarna kuning seperti kunyit, jadi fundamen penamaan gunung penuh misteri ini. Tidak cuma warnanya saja, tapi aroma belerang yang menusuk bak kunyit juga makin menegaskannya.

Gunung ini mempunyai dua kawah pada puncaknya, tetapi belumlah ada seseorang juga yang sukses ke arah tempat kawah itu.

Gunung yang mempunyai nama lain bukit belerang ini memiliki nuansa mistis. Serta, warga ditempat yakin tempat ini seringkali dipakai untuk bertapa serta mendapatkan pengetahuan kebatinan. Narasi orangtua - tua dulu, jika pahlawan Kerinci Depati Parbo pernah bertafakur di gunung ini meminta panduan pada sang pencipta sebelum berperang menantang Belanda.
Ajaibnya, katanya, timah panas yang dilepaskan oleh prajurit Belanda juga tidak dapat tembus tubuh Depati Parbo. Sampai sekarang, masih ada banyak orang yang bertapa di Gunung Kunyit. Tidak hanya beberapa cerita mistis, gunung ini mempunyai satu taman alam yang disebutkan taman beberapa dewa.

Sejuta Misteri Gunung Kunyit, Bikin Merinding! Tidak itu saja, ada juga yang menjelaskan ada sumber air panas dan tambang emas pada gunung ini.

"Dari sana memang cukup unik, ada satu taman alami pada pucuk gunung. Seakan teratur sendirinya, taman ini dikeliling pohon-pohon hijau dan beberapa tanaman indah di sekelilingnya. Bentangan rumput yang teratur rapi juga makin percantik taman dewa ini, hingga jadi daya tarik buat beberapa pendaki," ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar