WHAT'S NEW?
Loading...

Viral! Fakta Alas Purwo, Hutan Paling tua di Pulau Jawa yang Diselimuti Misteri



Alas Purwo, Hutan Paling tua di Pulau Jawa yang Diselimuti Misteri - Taman Nasional Alas Purwo atau Alas Purwo National Park adalah salah satunya lokasi buat beberapa ratus tipe flora serta fauna di Indonesia. Alas Purwo terdapat di ujung tenggara Pulau Jawa, yakni Banyuwangi, Jawa Timur.

Taman Nasional Alas Purwo mempunyai luas seputar 43.420 hektar serta terdiri jadi beberapa zone sisi, yakni zone pokok 17.200 ha, zone rimba 24.767 ha, zone pendayagunaan 250 ha serta zone penyangga 1.203 ha.

Nah, di bawah ini fakta-fakta Alas Purwo dari beberapa sumber.

1. Riwayat Alas Purwo 


Penamaan Alas Purwo berdasar legenda warga yang bercerita mengenai semula penciptaan Pulau Jawa, diawali pada Alas Purwo yang mempunyai makna 'Hutan Pertama atau Permulaan' di Pulau Jawa. Pada tahun 1992 Taman Nasional Alas Purwo sudah diresmikan oleh Kementrian Kehutanan. Serta masuk ke dua kecamatan, Kecamatan Tegaldlimo serta Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi.

Rimba di lokasi Alas Purwo adalah ekosistem rimba hujan dataran rendah di Pulau Jawa hingga jadi tempat baik buat bermacam flora serta fauna. Kadang fauna di Alas Purwo bisa kamu tonton dengan bebas di tepi jalan yang ada di lokasi Alas Purwo.

2. Misteri serta Mitos 

Alas Purwo tidak hanya mempunyai keindahan alamnya mempunyai segudang misteri di dalamnya. Tempat ini jadi salah satunya tujuan wisata paling angker di Pulau Jawa loh Detikers.

Dari mulai kegiatan-kegiatan mistis, seperti pesugihan, semedi untuk cari wangsit atau pengetahuan hitam, serta hilangnya sebagian orang disana.

Pekerjaan itu menyebabkan beberapa orang memandang jika Alas Purwo tempat yang angker serta keramat. Tidak itu saja, beberapa orang yakin jika di Alaas Purwo ada kerajaan gaib sebagai tempat semua jin di Pulau Jawa.

Mitos disana juga cukup populer, seperti waktu mengunjugi Alas Purwo, kamu dengar suara asing menyebut karena itu jangan langsung untuk melihat ke belakang. Hal tersebut diakui akan bawa musibah, orang itu akan dibawa oleh makhluk gaib yang memanggilnya.

3. Objek Wisata di Alas Purwo 

Taman Nasional Alas Purwo sendiri mempunyai banyak keindahan alam yang eksotis berbentuk situs, goa, padang savana, serta pantai. Salah satunya goa yang terpopuler adalah Goa Istana, konon mempunyai kegelapan kekal pas buat kamu yang menyukai dengan rintangan waktu berekreasi. Sedang, untuk pantainya terbagi dalam Pantai Parang Ireng, Pantai Ngagelan, Pantai Pancur serta Pantai Plengkung.

Bila kamu ada gagasan untuk ke Banyuwangi, lebih baiknya turut moment yang diselenggarakan pemda dalam moment Sport Tourism, yakni Alas Purwo Geopark Green Run pada 17 November 2019. Acara ini mempunyai tujuan untuk mempromokan taman nasional Alas Purwo serta diserahkan jadi sisi dari Global Geopark Network UNESCO, salah satunya tubuh PBB yang mengatasi pendidikan, keilmuan, serta kebudayaan.

4. Peninggalan Situs di Alas Purwo 


Salah satunya peninggalan situs di Alas Purwo adalah Pura Giri Selaka. Pura itu terdapat dibagian tengah ALas Purwo yang memiliki jarak seputar 3 km dari lokasi Pantai Plengkung. Beberapa pengunjung dapat terhubung memakai angkutan seperti dengan mobil truk (Grandong) serta dikenai ongkos seputar 3000 rupiah.

Riwayat pura Alas Purwo sendiri mempunyai narasi menarik, awalannya seputar tahun 1967 warga mulai temukan situs ini, tetapi tidak tahu pengetahuan tentang peninggalan riwayat ini hingga batu dari sisi situs dibawa pulang serta digunakan untuk jadikan tungku dapur. Selang sekian waktu, warga yang mengambilnya terserang bencana.

Serta, pada akhirnya warga putuskan untuk memagari situs serta jaga kesucian situs Alas Purwo.

Beberapa warga ditempat yakin jika penguasa Alas Purwo dalam situs itu adalah Empu Bharadah, figur yang dapat membelah Sungai Brantas dengan kesaktiannya.

5. Akses ke Alas Purwo 

Perjalanan ke arah Alas Purwo bisa ditempuh memakai kendaraan pribadi (sepeda, mobil atau motor), atau kamu dapat sewa mobil sebab tidak ada kendaraan umum yang lewat obyek wisata ini.

Kamu dapat pilih rute kota Banyuwangi ke arah kecamatan Rogojampi, kec.Srono, kec. Muncar serta kec.Tegaldimo. Dari Tegaldimo seputar 10 km akan lewat Jalan Makadam serta temukan Pos Rawabendo, gerbang penting Taman Nasional Alas Purwo.

Jadi, kapan kamu ke Alas Purwo?

0 komentar:

Posting Komentar