WHAT'S NEW?
Loading...

Mengerikan, Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi Sulit Dipercaya



Mengerikan, Makhluk-makhluk Aneh di Perut Bumi Sulit Dipercaya Ini narasi Gua Movile di Rumania. Gua yang tidak pernah disinari sinar matahari sepanjang 5,5 juta tahun serta ditempati oleh makhluk-makhluk yang tidak pernah kamu lihat.

Tidak perlu jauh ke luar angkasa, ada banyak misteri di perut Bumi. Cukup banyak, rangkaian-rangkaian gua di perut Bumi belum terjamah oleh periset. Serta yang lebih mengagetkan, perut Bumi nyatanya ditempati oleh makhluk-makhluk kecil dengan bentuk yang aneh.

Situs BBC Earth seperti ditengok detikTravel, Selasa (3/1/2017) pernah mengulas mengenai Gua Movile. Satu gua yang ada di Kota Mangalia di Rumania, yang bersebelahan dengan Laut Hitam. Gua ini memiliki narasi menarik.

Alkisah di tahun 1986, beberapa pekerja Rumania sedang membuat pembangkit listrik disana. Tetapi tidak diduga, pengeboran ke tanah membuahkan penemuan berbentuk serangkaian gua. Serangkaian gua yang komplet dengan lorong, sela sampai danau di tanah.

Beberapa pekerja berhenti, giliran periset mengambil pindah. Untuk masuk ke gua, rupanya bukan hal yang gampang. Pertama harus turun dengan tali dari ketinggian 25 mtr.. Lantas berjalan melalui lorong sempit, dan berenang.

Periset yang masuk ke Gua Movile (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Periset yang masuk ke Gua Movile (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)

Guanya juga memiliki kegelapan kekal. Berarti, salah satu sinar ialah dari senter saja. Bila senter dimatikan, karena itu tidak kelihatan apa saja. Misalnya, kita tidak dapat lihat jari sendiri yang masuk ke hidung.

Belum usai, beberapa periset harus juga bawa tabung oksigen. Asal tahu saja, tingkat oksigen disana benar-benar rendah angkanya cuma 10 % (angka umumnya ialah 20 perssen). Ditambah lagi kandungan hidrogen sulfida dari air serta karbon monoksida, paling cuma 5 jam saja orang bisa bertahan disana. Sesudahnya bersiap mual, pusing, tidak sadarkan diri serta tidak sadarkan diri.

Tahun 2010 yang lalu, pakar mikrobiologi namanya Kaya Boden dari University of Warwick di Ingrris bawa 29 teamnya menelusuri lebih dalam Gua Movile. Hasil penelitannya benar-benar mengagetkan, gua ini belum pernah terkena sinar matahari sepanjang 5,5 juta tahun!

"Suhu di gua 25 derajat Celcius, cukup hangat tetapi benar-benar lembab. Tingkat karbon dioksida di gua ialah seputar 100 kali tambah tinggi dari batas normal," katanya.

Makhluk-makhluk Aneh

Tidak sampai disana riset Misteri di Perut Bumi Boden serta teamnya. Alangkah terkejutnya mereka saat semakin masuk ke gua nyatanya semakin banyak 'penghuninya'. Mereka ialah serangga-serangga dengan bentuk yang tidak pernah disaksikan orang!

Selama ini, telah 48 spesies hewan di Gua Movile, yang mana 33 spesiesnya diketemukan di lain tempat serta bekasnya cuma hidup di gua itu. Serangga-serangga itu salah satunya seperti laba-laba, kalajengking sampai ada pula lintah serta siput. Tetapi bentuk badannya benar-benar unik, yang umumnya tidak dapat lihat.

Misteri Mahluk aneh Perut Bumi di guanya (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Makhluk aneh di guanya (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)

Waterscorpion (Patrick Landmann/SPL/BBC Earth)Waterscorpion (Patrick Landmann/SPL/BBC Earth)
Air dari stalaktit serta stalagmit yang menetes jadi sumber kedihupan mereka. Tetapi nantikan, tidakkah sinar matahari bertindak penting untuk kehidupan. Tidakkah sinar matahari membuahkan enegri buat makhluk hidup, membuat tumbuhan berfotosintesis serta kehidupan berjalan normal.
Lalu, bagaimana dapat serangga-serangga disana dapat hidup tanpa ada sinar matahari?

"Mereka memperoleh daya atau makanan yang diperlukan dari reaksi kimia (kemosintesis) yang penting ialah oksidasi sulfida serta ion belerang yang sama jadi asam sulfat, atau oksidasi amonium diketemukan di air tanah untuk nitrat," jelas Boden.

Boden menggambarkan metanotrof jadi organisme yang memangsa dengan amburadul, hingga elemen metabolik intermediat seperti metahnol serta asam format 'bocor' dengan stabil di lingkungan sekelilingnya. Elemen kimiawi itu yang digunakan jadi makanan buat spesies bakteri yang lain.

Serangga dengan bentuk yang aneh (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)Serangga dengan bentuk yang aneh (Thierry Berrod, Mona Lisa Production/SPL/BBC Earth)
Periset memandang, dahulunya Gua Movile ada di atas tanah. Tetapi sebab gerakan lempeng Bumi dan sebagainya, membuat daratannya masuk ke tanah serta serangga-serangganya juga terjerat di dalamnya sampai sekarang.

Gua Movile tidak dibuka untuk umum, dengan fakta keselamatan. Sejak diketemukan, baru 100 orang yang masuk kesana serta itu semua ialah periset. Pemerintah Rumania juga membuat perlindungan guanya dengan hentikan pengerjaan pembangkit listrik.

Beberapa periset memandang, apa yang berada di Gua Movile adalah salah satunya kunci untuk mempelajari asal mula kehidupan Bumi ini lebih dalam.

0 komentar:

Posting Komentar